Selasa, 20 November 2012

vaksinasi pada kucing




VAKSINASI KUCING



Vaksinasi merupakan upaya untuk mendapatkan kekebalan agar hewan menjadi kebal terhadap serangan penyakit yang disebabkan oleh mikroogranisme misalnya virus, baktri ataupun jamur.  Vaksin merupakan mikroorganisme berupa virus atau bakteri yang telah dilemahkan atau dimatikan.  Hewan kesayangan yang di vaksinasi akan mendapatkan kekebalan terhadap virus atau bakteri. Antibody atau zat kebal dapat menurun dalam jangka waktu tertentu sehingga perlu dilakukan vaksinasi ulang

Pada kucing, terdapat beberapa penyakit dimana angka mortalitas dari penyakit ini tinggi pada kucing.

Feline Upper Respiratory Tract Infection
Virus ini mudah menular, menyebabkan gangguan saluran pernafasan atas, bersin, mata dan hidung berair, hilang nafsu makan. Apabila tidak segera ditangani dapat berakibat kematian. Perlindungan dari virus ini didapat dari vaksin Felocell 3.

Feline Panleukopenia
Mudah menular, menyebabkan diare, muntah, dehidrasi hingga kematian. Paling sering terjadi pada anak kucing. Perlindungannya didapat dari vaksin Felocell 3.


Jadwal Vaksinasi Kucing

1. Umur 8-10 minggu
  • Pemeriksaan umum 
  • Vaksinasi 3 penyakit (tricat) (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus) atau 4 penyakit (tetracat)  (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, Chlamydia)
  • Pemberian obat cacing

2. Umur 12-14 minggu
  • Pemeriksaan umum 
  • Vaksinasi Ulangan 3 penyakit (tricat) (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus) atau 4 penyakit (tetracat)  (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, Chlamydia)

3. Umur 20 minggu
  • Pemeriksaan umum
  • Vaksinasi rabies

4. Khusus untuk kucing umur lebih dari 6 bulan yang belum pernah di vaksin
  • Pemeriksaan umum 
  • Vaksinasi 3 penyakit (tricat) (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus) atau 4 penyakit (tetracat)  (Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, Feline calicivirus, Chlamydia) 
  • Vaksinasi rabies

Vaksin tidak langsung menstimulasi kekebalan begitu dilakukan vaksinasi. Pada saat kucing divaksinasi, antigen akan diidentifikasi dan direspon serta diingat oleh system kekebalan tubuh. Pada umumnya proteksi terhadap penyakit belum akan dimulai sampai 5 hari setelah divaksinasi. Proteksi penuh biasanya akan terjadi pada hari ke 14. Pada beberapa kasus, 2 kali atau lebih vaksinasi dengan selang beberapa minggu akan memberikan perlindungan yang baik. Secara umum, modified live vaccines dan vaksin vaksin yang diberikan secara intranasalmemberikan perlindungan yang lebih cepat.

Perawatan Setelah Vaksinasi

Setelah vaksininasi, pet mungkin mengalami lethargic (lesu), tidak mau makan selama 1 - 2 hari dan mungkin ada juga yang mengalami bengkak di area injeksi. Sediakan selalu makanan dan minuman yang cukup, tempat yang hangat dan nyaman, sebaiknya tidak langsung dimandikan (biasanya dokter menyarankan untuk tidak mandi selama 1 minggu setelah vaksin), tidak dibawa menempuh perjalanan jauh atau berpindah tempat.

Anda yang baru mengadopsi atau membeli kucing, biarkan mereka beradaptasi dulu di rumah kita selama 1 minggu sebelum divaksin.

 *dari berbagai sumber



2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. saya punya kucing umurnya 3,5 bulan, beberapa hari yang lalu kucing saya baru di vaksin. Sebelum di vaksin pop kucing saya normal, tapi kenapa ya setelah di vaksin dia jadi mencret2? apakah itu efek samping atau bagaimana. terimakasih.

    BalasHapus